+62 541 7777062 / +62 541 7777065

Perbedaan Metal Duduk dan Metal Jalan

Sebagian orang mungkin masih belum kenal dengan istilah atau . Kedua komponen ini ada di dalam mesin mobil, tetapi dikenal dengan istilah yang berbeda. 

Fungsinya juga tidak kalah penting dengan komponen lainnya agar mesin berjalan optimal. Jika Anda penasaran dengan pengertian serta perbedaannya, simak ulasannya di sini!

Apa itu ?

Memang benar, masih sebagian orang yang belum banyak mendengar istilah metal duduk metal jalan. Padahal kedua komponen ini memiliki peranan yang penting untuk kinerja mesin kendaraan roda empat. 

Pada dasarnya bentuk komponen ini berupa jenis bearing yang didesain khusus untuk kecepatan dan juga tekanan tinggi.

Istilah yang sering digunakan untuk menyebut komponen tersebut yaitu journal bearing. Untuk kinerjanya menggunakan lapisan fluida yang memisahkan antara dan as. 

Pada bagian fluida ini akan dipasok dari lubang yang ada di bearing, lalu akan mengisi celah antara dudukan metal. Dengan begitu proses perputaran tidak akan bersentuhan dengan journal bearing. 

Lalu bagaimana pengertian metal duduk dan metal jalan serta perbedaannya? Sebelum itu, perlu diketahui jika metal duduk dan metal jalan merupakan bagian dari journal bearing.

Jika metal duduk atau main bearing ini berada di blok mesin sebagai tumpuan utama, metal jalan atau yang disebut dengan round bearing ini terletak di batang torak atau connecting rod. 

Fungsi Round Bearing dan Main Bearing

Metal duduk menjadi salah satu jenis bearing yang dirancang khusus untuk menangani kecepatan dan tekanan tinggi dalam mesin. 

Dalam bearing ini terdapat dua jenis journal bearing yang dikenal dengan main bearing atau metal duduk dan round bearing atau metal jalan. Keduanya memiliki fungsi yang cukup krusial dalam kerja mesin mobil. 

Pengertian metal duduk dan metal jalan serta perbedaannya bisa diketahui dari letaknya. Metal duduk menjadi salah satu tumpuan utama ketika kruk as sedang berputar. 

Letaknya berada di blok mesin dan berguna sebagai bantalan ketika crank shaft berputar. Jadi, bagian ini akan berfungsi dalam mesin mobil ketika sedang dikendarai dalam kecepatan tinggi. 

Sedangkan round bearing atau metal jalan yaitu bearing batang piston yang bergerak atas dan bawah. Letaknya berbeda dengan metal duduk, sebab metal jalan berada di batak torak atau connecting rod. 

Dalam hal ini, round bearing akan bekerja dengan baik jika kondisi mobil dalam keadaan yang cukup prima, begitu sebaliknya. 

Fungsi dari metal jalan sebenarnya juga tidak jauh berbeda dengan metal dudukan karena sama sama sebagai bantalan. Tetapi bedanya metal jalan akan melapisi batang piston juga. 

Disebut dengan metal jalan karena saat bekerja di dalam mesin, metal ini bergerak ke atas dan ke bawah. Sehingga kendaraan roda empat bisa berjalan dengan maksimal dan tidak terganggu. 

Faktor yang Mempengaruhi Kondisi Metal Duduk dan Metal Jalan

Sesudah mengetahui pengertian metal duduk dan metal jalan serta perbedaannya, maka Anda harus tahu cara merawatnya. Sebab, kualitas oli yang buruk dan tidak rutin diganti secara berkala akan membuatnya komponen metal berbunyi dan terasa berat. Selain itu, hal ini juga akan menyebabkan gangguan di komponen vital mesin lainnya. 

Apabila keduanya mengalami masalah atau, maka mesin mobil tidak akan bekerja dengan maksimal. Bahkan kendaraan roda empat yang Anda miliki jadi lebih cepat rusak. Maka dari itu, perlu adanya perawatan secara berkala agar berjalan dengan normal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.